Hayatin Berjuang Melawan Hipertensi Dengan JKN-KIS

Mataram – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, sehingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke dan gagal jantung. Maka dari itu para penderita hipertensi ini sangat perlu untuk rutin memeriksa tekanan darahnya.

Hayatin (56) adalah salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang tengah menjalani perawatan hipertensi rutin dengan memanfaatkan Program JKN-KIS. Saat ditemui tim Jamkesnews di kediamannya, Hayatin bercerita pentingnya untuk rutin mengontrol tekanan darahnya ke rumah sakit dengan memanfaatkan kartu JKN-KIS yang ia miliki.

“Saya sudah beberapa tahun ini menderita hipertensi, awalnya saya merasa pusing-pusing dengan leher yang tegang. Saat menjalani pemeriksaan, dokter menyarankan untuk mengecek darah dan setelah hasil pemeriksaan keluar, baru diketahui kalau saya menderita hipertensi,” ungkap Hayatin.

Hayatin mengatakan kalau dirinya terus mengonsumsi obat dan pastinya menghabiskan banyak biaya. namun, dengan hadirnya Program JKN-KIS, dirinya merasa terbantu karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS di kala ia membutuhkan pengobatan rutin.

“Selama menjalani perawatan yang rutin dalam beberapa tahun ini, saya tidak pernah memikirkan biaya yang akan saya keluarkan, karena semua biaya pengobatan saya tentunya ditanggung penuh program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS kesehatan,” ujar Hayatin.

Hayatin pun menjelaskan selama menjalani perawatan, ia juga kerap mengontrol pola makan dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Hayatin pun menambahkan, mengontrol pola makan yang sehat tentunya juga dapat membantu terhindar dari penyakit.

Leave a Reply