Kunker Ke Kodim Loteng, Pangdam Udayana: Prajurit TNI Harus Bantu Atasi Kesulitan Warga

Lombok Tengah – Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE., M.M., beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Provinsi NTB pada Rabu 16 Februari 2022. Salah satu agenda Kunjungan tersebut, rombongan Pangdam meninjau Satuan Kodim 1620/Lombok Tengah di Jl. Gajahmada No. 101 Kecamatan Praya.

Turut serta dalam rombongan Pangdam Udayana yakni Asrendam, Kolonel Arm. Johanes Toar Pioh, AsopsKasdam, Kolonel Inf. Lalu Habibburrahim, AsterKasdam, Kolonel Inf. Made Mahaparta, Kapendam, Letkol Kav. Antonius Totok Yuniarto, DandenInteldam, Letkol Kav. Angga Nurdyana, AdcPangdam, Serda Novandhika Satata, serta KameramenPendam, Serda Abriadi S, dan Serda Luthfi Adhi.

Selain itu, terlihat juga Danrem 162/WB, Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede S.T.,M.S.i., Kasrem, Kolonel Inf. Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos.,M.M., dan Para Kasi jajaran Rem 162/WB yang ikut mendampingi rombongan ke Makodim.

Kedatangan Pangdam dan rombongan di Makodim langsung disambut oleh Dandim, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., dan Forkopimda Tk II Kabupaten diantaranya Bupati, H. L. Pathul Bahri, S.IP., Wakil Bupati, Drs. H. Nursiah, S.Sos., M.Si., Ketua DPRD, M. Tauhid, Kapolres, AKBP. Hery Indra Cahyono, SIK., SH., MH., Kajari, Fadil Regan, SH., MH., Ketua Pengadilan Negeri, M. Baginda Rajoko Harahap, SH., MH., Ketua Pengadilan Agama Praya, Safruddin SAg., Msi., Kasdim, Mayor Inf. Moh. Zakaria, serta seluruh Perwira dan Anggota Kodim 1620/Loteng.

Sebelumnya, tiba di Makodim Pangdam menerima laporan Dandim, jajar kehormatan yang di rangkai dengan pengalungan kain selendang sebagai tanda kehormatan dan dilanjutkan dengan tatap muka dengan Forkopimda. Pada kesempatan tatap muka ini, Pangdam Udayana menerima laporan singkat satuan dari Dandim 1620/Loteng.

Komanda Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan kunjungan Pangdam ke Markas Kodim yakni untuk menerima paparan kegiatan sekaligus tatap muka dengan Forkopimda. Selain itu, juga untuk melihat langsung rencana lokasi Kunker Kasad di wilayah teritorial Kodim 1620/Loteng, Dusun Serenang Desa Mertak Kecamatan Pujut, dan melaksanakan penanaman pohon mangrove.

“Kunker Pangdam kali ini juga untuk meninjau area sirkuit Mandalika, meninjau program pompa hidram Kodim 1620/Loteng di Dusun Nyeredep Desa Aik Bual Kecamatan Kopang, dan penganugerahan gelar raja sasak dari ketua adat sasak Lalu Wiratmaja/Mamiq Ngoh kepada Pangdam IX/Udayana,” ujar Dandim.

Usai menerima paparan singkat Satuan, Pangdam Udayana lanjut memberikan pengarahan kepada seluruh Anggota Kodim 1620/Loteng di Aula Serbaguna. Dalam arahannya Pangdam Udayana meminta kepada para Prajurit khususnya Babinsa harus bisa menjadi bagian dari TNI untuk membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat.

Menyikapi arahan Pangdam tersebut, Dandim menuturkan Prajurit jajaran Kodam IX/Udayana harus bisa membantu kesulitan warga sekitar dimanapun berada dan bertugas, serta mampu mencintai dan menyayangi rakyat, sehingga TNI akan semakin dicintai oleh rakyat.

“Sesuai arahan Pangdam Udayana, saya berpesan kepada seluruh anggota supaya jangan pernah melakukan pelanggaran. Prajurit itu harus disiplin, cerdas, dan loyalitas, karena jika kita melanggar, maka ingat, tinta emas yang sudah kita torehkan bisa langsung hilang, hilang masa depan kita, hilang harga diri kita akibat pelanggaran yang sedikit,” ucap Dandim.

Di akhir kunjungan, Pangdam Udayana menulis kesan dan pesan yang bisa dijadikan sebagai motivasi serta pedoman pelaksanaan tugas kedepan bagi Satuan Kodim 1620/Loteng yang berisi ‘Jadilah Bagian Solusi Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Di Wilayah Kodim 1620/Loteng’.

Leave a Reply