Tanamkan Cinta Tanah Air, Danramil Batukliang beri Wasbang ke Anakdis LPKA Kelas II Loteng

Lombok Tengah-Komandan Koramil 1620-07/Batukliang Kapten Chb Heri Susanto, Rabu (06/10/2020) memberikan Pembinaan dengan menanamkan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan kepada anak didik pemasyarakatan (Andikpas) pada LPKA Kelas II Lombok Tengah yang bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan, bela negara dan Cinta tanah air. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan apel Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) kelas II Lombok Tengah, Jl. Tojong-ojong Selebung Batukliang Lombok Tengah dengan didampingi oleh Kepala LPKA Kelas II Loteng Anak agung gede Ngurah putra, para staf LPKA dan Babinsa Selebung. 

Danramil 1620-07/Batukliang Kapten Chb Heri Susanto sebelum menyampaikan materi Wasbang menyebutkan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya TNI untuk ikut berperan, khususnya di bidang Penguatan dan penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada Andikpas LPKA kelas II Loteng. 

Diharapkan dengan kegiatan Wasbang ini, anak didik pemasyarakatan ini nantinya setelah keluar dan kembali ke keluarga memiliki rasa Cinta tanah air, disiplin dan memiliki semangat untuk membangun negeri dengan kegiatan-kegiatan positif. 

“Bagi yang masih di didik di dalam agar tetap mengikuti aturan-aturan yang telah diterapkan di LPKA ini dan jangan punya pikiran/niat untuk melakukan keluar yang tidak sesuai ketentuan/kabur. Disinilah adik-adik bisa konsen belajar dengan rajin karena ada pembina yang mengarahkan setiap kegiatan,” kata Kapten Chb Heri Susanto

Selanjutnya Danramil 1620-07/Batukliang melanjutkan materi Wasbang yang diawali dengan memberikan informasi tentang perkembangan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah yang sampai saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif. 

Danramil pun terus memberi motivasi dan support agar anak didik pemasyarakatan LPKA Kelas II Loteng tetap semangat dalam menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air, rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945.

“Tingkatkan kesadaran kita semua dan berperan serta dalam usaha bela negara dengan menerapkan pola disiplin dan etos kerja yang baik karena Itu salah satu bentuk sikap perilaku anak bangsa yang cinta pada tanah airnya,” jelas Kapten Chb Heri. 

Selain itu, Danramil menambahkan  bahwa generasi muda saat ini harus mempunyai rasa Nasionalisme, rasa Patriotisme dan menghargai orang tua. 

 

“Kita tidak boleh cuek dan harus peka terhadap lingkungan. Dan yang lebih penting adalah berbuatlah yang positif, tidak merugikan orang lain dan diri kita sendiri,” imbuhnya. 

Selanjutnya Danramil berpesan,” Ikutilah sekolah dengan baik. Berbenah diri dan menjadi anak cerdas kelak berguna bagi orang tua dan masyarakat. Kepada guru-guru dan pembina yang ada di LPKA agar jangan bosan-bosan memberikan ilmu dan nasihat kepada adik-adik ini. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan kita semu,” pungkasnya.

Leave a Reply