Babinsa Lendang Nangka Latih Linmas Gerakan PBB dan Penghormatan

PAGILOMBOK.com l Lombok Timur – Puluhan masyarakat yang terpilih sebagai Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau Badan Keamanan Desa (BKD) diberikan pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Lendang Nangka Sersan Satu Hayatullah di Kantor Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Sabtu (20/4/2024).

Anggota Linmas yang diberikan pelatihan terdiri dari gabungan masyarakat binaan Sertu Hayatullah yang berasal dari dusun di desa setempat. Adapun materi latihan yang diberikan berupa peraturan baris berbaris (PBB) dan penghormatan.

Danramil 1615-05/Masbagik Kapten Inf Lalu Agus Mahayadi mengatakan pemberian latihan tersebut sebagai salah satu bentuk pembinaan fisik dan mental kepada warga yang tergabung dalam Linmas dengan tujuan terbentuknya rasa kebersamaan, kekompakan dan soliditas diantara sesama Linmas untuk membantu mengamankan desa dan lingkungan tempat mereka tinggal.

Selain itu, lanjut Agus Mahayadi, Linmas ini kedepan akan menjadi mitra kerja dan mitra karib para Babinsa yang disiapkan sejak dini sebagai komponen cadangan apabila kondisi wilayah dalam keadaan darurat.

“Kalau dulu kami mengenalnya dengan perlawanan rakyat yang disingkat Wanra atau Pertahanan Sipil yang disingkat Hansip,” terangnya.

Kapten Lalu Agus juga mengingatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bukan hanya tanggung jawab Babinsa atau Babinkamtibmas dan Linmas saja, namun merupakan tanggung jawab semua pihak sehingga membutuhkan peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaganya, salah satunya dengan aktif melaksanakan ronda malam.

“Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing untuk melaksanakan ronda secara terjadwal sehingga kampung kita aman dan tentram,” imbuhnya. *ISJ

Leave a Reply