Babinsa Denggen Timur Koramil Selong Aktif Bantu Pelayanan Posyandu

PAGILOMBOK l Lombok Timur – Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN). Berkaitan dengan ini, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Denggen Timur Sertu Lalu M. Suherman melaksanakan pendampingan pelayanan Posyandu kepada masyarakat di Posyandu Pudak Sari Dusun Dasan Gedang Lauk Desa Denggen Timur Kecamatan Selong Lombok Timur, Kamis (25/1/2024).

Pada Posyandu kali ini terlihat Camat Selong Baiq Widiani Astuti bersama tim kesehatan ahli gizi dari Kabupaten Lombok Timur juga terlihat hadir memantau dan membantu pelayanan Posyandu bagi ibu hamil dan menyusui serta Balita.

“Ini kegiatan rutin setiap bulan dilakukan dengan kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan balita, penimbangan dan pengukuran Balita, pemberian vitamin ataupun asupan tambahan bagi Balita dan lainnya,” terang Suherman.

Selain kegiatan itu, sambungnya, ada juga kegiatan penyuluhan tentang asupan gizi yang baik bagi ibu hamil dan Balita agar pertumbuhan Balita sama seperti anak pada umumnya.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya mengucapkan selamat Hari Gizi Nasional Tahun 2024 sembari berharap semoga anak-anak Indonesia mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi agar bisa tumbuh sebagai generasi yang unggul, tangguh, maju dan mandiri menuju generasi emas Indonesia.

Hal itu sesuai dengan tema peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 64 tahun 2024 yaitu “Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MP-ASI) Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogannya adalah “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.

Diungkap Bayu Sigit, pemberian tema pencegahan stunting sejalan dengan permasalahan nasional yang harus ditangani secara bersama dengan melibatkan semua pihak. Oleh karena itu, membutuhkan komitmen bersama termasuk masyarakat untuk membantu perbaikan gizi melalui pemberian makanan pendamping yang kaya protein hewani untuk balita.

“Alhamdulillah kami sendiri baik Kodim dan Koramil memiliki anak asuh stunting yang setiap bulannya memberikan bantuan makanan pendamping berupa susu, telur, biskuit dan makanan tambahan lainnya,” ungkap Bayu Sigit.

Untuk itu, pria kelahiran Bandung itu berharap melalu tema HGN ke 64 ini, masyarakat terutama ibu hamil dan menyusui harus menyadari betul pentingnya ASI dan makanan pendamping bagi bayi dan Balita yang kaya protein hewani sehingga dapat membantu mencegah stunting menuju generasi emas Indonesia pada 2045. (isj)

Leave a Reply