Dandim 1615/Lotim : “Gotong Royong Peduli Lingkungan Jadi Kebutuhan Pada Musim Hujan”

PAGILOMBOK l Lombok Timur – Komandan Kodim 1615/Lombok Timur memberikan apresiasi kepada Koramil jajarannya yang hari ini kompak menggelar gotong royong bersama komponen masyarakat.

Hal itu dikatakan Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Jumat (19/1/2024).

Diketahui hari ini Koramil 1615-03/Sambelia menggelar gotong royong pembersihan pantai di Dusun Purwakarya Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia yang melibatkan sekitar 200 orang dengan sasaran pantai Pulo Lampu dan pantai Purwakarya, Koramil 1615-11/Aikmel bersama masyarakat Dusun Batu Blek Desa Aikmel melaksanakan gotong royong pembersihan disepanjang aliran sungai Kokok Satak.

Sementara di Koramil 1615-05/Masbagik, Babinsa Masbagik Utara Baru Serka Saripudin bersama warga Dusun Pancor Kopong Desa Masbagik Utara Baru melaksanakan pembukaan jalan usaha tani dan Babinsa Kelurahan Geres Koramil 1615-08/Labuhan Haji Serda M. Jailani melaksanakan gotong royong pembersihan di sekitar kantor lurah bersama kader dan Staf Kelurahan Geres Kecamatan Labuan Haji.

Menurut Dandim 1615/Lotim, pihaknya melalui Koramil jajaran berupaya membangkitkan kembali semangat gotong royong ditengah-tengah masyarakat terutama dalam upaya pembersihan lingkungan dan fasilitas umum pada musim hujan ini agar tetap bersih, rapi dan nyaman.

Gotong royong ini dilakukan selain untuk menjaga kebersihan lingkungan juga untuk merangsang kembali nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Jadi gotong royong ini tidak hanya sekedar fisiknya semata, namun ada nilai-nilai yang harus kita lestarikan bersama terutama nilai kebersamaan, kekompakan dan rasa persaudaraan yang tidak boleh hilang dari kita,” ujar Bayu Sigit.

Ia juga tetap berharap gotong royong menjadi kebutuhan pada musim hujan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran irigasi atau got, areal pasar dan tempat-tempat fasilitas umum lainnya agar terhindar dari banjir atau genangan air, penyakit demam berdarah, polusi udara dan sebagainya. *isj

Leave a Reply