Masa Kampanye Pemilu 2024 Mulai, Kodim 1615/Lotim Siaga Anggota

PAGILOMBOK.com l Lombok Timur –  Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro menginstrusikan personel seluruh jajarannya untuk melaksanakan siaga di Koramil masing-masing termasuk di Makodim. Siaga tersebut dilakukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang dimulai sejak hari ini, Kamis (30/11/2023).

Dalam pelaksanaannya, siaga dilakukan setiap hari selama Pemilu 2024 menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL), draghrim dan baret. Dijelaskan Bayu Sigit, selama proses siaga masing-masing Koramil membagi kekuatan personelnya menjadi dua kelompok sehingga bisa bergiliran untuk standbye di Koramil masing-masing.

“Namun jika kondisi situasi yang sangat mendesak dan urgensi, maka seluruhnya akan disiagakan,” tegasnya.

Personel yang disiagakan setiap hari ini, nantinya akan digunakan untuk membackup aparat keamanan dari Kepolisian bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam melaksanakan pengamanan selama Pemilu baik Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam hal ini, kata Bayu Sigit, Danramil harus melaksanakan koordinasi melekat dengan Kapolsek, Camat maupun dengan penyelenggara Pemilu baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sebagai perpanjangan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur di tingkat kecamatan.

“Harapannya setiap kegiatan aparat keamanan baik TNI Polri dan Satpol PP bersama-sama untuk mensukses Pemilu 2024 yang damai, aman dan kondusif,” imbuhnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama kampaye seperti membantu Kepolisian dalam pengamanan pelaksanaan kampanye, patroli malam dan lainnya yang bersifat insidensil. *isj

Leave a Reply