Dandim 1615/Lotim : Perkuat RAK Juang dengan Karya Bakti Bersama Masyarakat

PAGILOMBOK.com l Lombok Timur – Kodim 1615/Lotim kembali menggelar karya bakti di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Karya bakti kali ini dilakukan bersama masyarakat Dusun Penede Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra, Kamis (16/11/2023).

Karya bakti dengan sasaran pemindahan material bekas renovasi Masjid Al Mujahidin dusun setempat dan pentalutan badan jalan baru yang menghubungkan Dusun Penede Daya dengan jalan menuju makam Sengenger dengan panjang sekitar 140 meter.

Usai apel pengecekan personel dan warga yang akan ikut karya bakti oleh Danramil 1615-07/Sakra Kapten Chb Ismail, seluruh peserta karya bakti langsung berhamburan menuju dua sasaran tersebut.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya di Makodim memberikan apresiasi atas semangat anggota yang kompak bersama warga, anggota Polsek dan Satpol PP Kecamatan Sakra melaksanakan karya bakti secara suka rela dan ikhlas untuk masyarakat.

Karya bakti pada triwulan terakhir tahun 2023 ini sebagai wujud nyata keberadaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat yang harus terus bersinergi dan kompak dalam segala hal terutama untuk kemaslahatan bersama.

Dijelaskannya, kegiatan karya bakti selain untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi (RAK) Juang yang tangguh bagi pertahanan di wilayah daratan yang menjadi tugas TNI AD dari segala macam bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat merongrong kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Hal itu, lanjut Bayu Sigit, sesuai dengan tema karya bakti kali ini yakni “Karya Bakti TNI yang adaptif guna meningkatkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh”.

Lebih lanjut mantan Danyonif 742/SWY itu menjelaskan sistem pertahanan kita menganut sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) yang melibatkan semua unsur sehingga harus dipersiapkan dari semua aspek termasuk RAK Juang yang tangguh seluruh komponen masyarakat.

Oleh karena itu, ia bersama jajarannya akan terus bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan ketahanan nasional di daerah dan membangkitkan kembali gairah budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat agar tidak hilang oleh perubahan sosial masyarakat. *ISJ

Leave a Reply