Pandhita Sanggrahan Nusantara KORDA Kota Mataram DHARMA YATRA ke Kab. Sumbawa

Sumbawa – Pandhita Sanggrahan Nusantara (PSN) Korda kota Mataram melaksanakan Dharma Yatra dan Simakrame sekaligus memberikan dharma tula yang mengarah pada peningkatan profesional dan integritas Pinandita dalam menjalankan tugasnya di Sumbawa, 15/05/2022.

 

Ketua Jro Mangku Gede Susila menyatakan kegiatan ini merupakan program kerja dari PSN korda Kota Mataram sesuai dengan AD ART hasil Mahasabha ke 3 tahun 2021 di Denpasar antara lain, PSN diharapkan dapat melaksanakan Dharma Yatra dan Simakrame sekaligus memberikan dharma tula yang mengarah pada peningkatan profesional dan Integritas Pinandita dalam menjalankan tugasnya.

 

” Dharma Yatra ini merupakan kegiatan yang ke 4, yang sebelumnya sudah dilaksanakan Dharma Yatra pertama ke Lombok Tengah di Pura Giri Nata dan Lombok Timur di Pura Transad, Dharma Yatra ke dua ke Lombok Barat ke Pura Dalem Pemangkalan dan yang ke tiga ke Lombok Utara ke Pure Penataran Gunung Rinjani, sedangkan untuk yang ke empat ke Kab. Sumbawa yaitu ke Pure Luhuring Akasa dan Pura Jagat Nata Kab. Sumbawa” Ujar Jro Mangku Gede Susila.

 

Turut hadir Ketua PHDI Kab. Sumbawa Kapten infantri (purn) I Nyoman Mandi dalam sambutannya mengatakan ” Mengapresiasi kegiatan ini karena acara ini sangat baik dan disambut dengan hangat oleh masyarakat hindu di Sumbawa yaitu dari masing-masing kecamatan didatangkan 4 pinandita, PHDI kecamatan srati banten, dan bendesa, sehingga berjumlah kurang lebih 200 orang, termasuk pecalang seke gong dan umat yang ada di wilayah kota Sumbawa,” Ujarnya

 

Sedangkan Ketua PSN Kabupaten Sumbawa Jro Gde Mangku Bajra yang berdomisili di kecamatan lunyuk, diwakili oleh Mangku Nyoman Biasa untuk menerima sumbangan dari PSN korda Kota Mataram.

Guruk wenten dalam arahannya mengatakan “ucapan terima kasih kepada ibu Wakil Bupati ibu Hj. Dewi Novianti dan juga ibu Hj. Sri Yuliati yang hadir di acara ini serta kepada seluruh tokoh Agama dan tokoh Masyarakat Kab. Sumbawa semoga dengan simekerame ini terjalin hubungan kekeluargaan yg baik.” Ungkapnya.

Ibu Wakil Bupati Kab. Sumbawa ibu Hj. Dewi Novianti yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan ” Bahwa pemerintah kabupaten Sumbawa memberikan ruang kepada umat hindu Sumbawa untuk melakukan ibadah sesuai keyakinannya masing-masing, dan saya juga berharap toleransi beragama di Sumbawa akan selalu terjaga,” Ujarnya.

 

Sementara itu Komisi 1 DPRD Kota MATARAM Ir. I Nengah Sugiartha yang terlihat selalu ada di setiap acara keagamaan saat dikompirmasi mengatakan “saya memang selalu ikut dalam acara Dharma Yatra seperti ini kenapa karena saat acara ini kita dapat melaksanakan konsep Tri Hitakarena yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama manusia dan juga hubungan manusia dengan alam yang selalu terjaga, tidak ada politik disini hanya bagaimana kita ingin selalu dekat dengan masyarakat itu saja.” tutup ichal.

Leave a Reply