Rsi Yadnya (Persembahan Suci) Kepada Pemangku Sepulau Sumbawa

Sumbawa – Dalam rangka Dharma Yatra dan Simakrame sekaligus memberikan dharma tula yang mengarah pada peningkatan profesional dan integritas Pinandita dalam menjalankan tugasnya Pandhita Sanggrahan Nusantara (PSN) Korda kota Mataram Guru mangku Gde Wenten Sm.HK juga melaksanakan Rsi Yadnya (persembahan suci) kepada pemangku sepulau Sumbawa, 15/05/2022.

 

Guru Mangku Gde Wenten Sm.HK dalam sambutannya mengatakan bahwa Rsi Yadnya adalah Persembahan Suci yg di persembahkan kepada orang suci seperti sulinggih, pemangku dan lain-lain.

 

” Rsi Yadnya kali ini saya persembahkan Kepada Pemangku Sepulau Sumbawa yg berjumlah 135 Pemangku Berupa Busana dan bantuan stimulan pengganti biaya jahit.” Ujar Gde Wenten.

Dalam acara Rsi Yadnya ini yang dilaksanakan di Pura Agung Giri Natha Sumbawa juga di hadiri oleh Ibu Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Novianti, Ibu Hj. Sri Yulianti dan anggota DPRD Kota Mataram Bapak Ir. I Nengah Sugiartha, Ketua Parisadha Kabupaten Sumbawa, Ketua PHDI Kecamatan se-Kabupaten Sumbawa, Ibu-ibu WHDI para Pinandhita korda kabupaten Sumbawa dan tokoh umat hindu serta masyarakat hindu Sumbawa, dari 135 bantuan ini didistribusikan untuk kabupaten Sumbawa sebanyak 98 pemangku, Dompu 20 orang, Bima 3 orang dan KSB 14 orang pemangku, Rsi Yadnya ini merupakan suatu persembahan Yadnya dimana setiap umat hindu berkewajiban melaksanakan Yadnya sesuai dengan kemampuan masing masing.

 

Dalam kesempatan ini juga Guruk Wenten menyampaikan salam hormat dan permohonan maaf dari Bapak Gubernur NTB Zulkiflimansyah kepada umat hindu kabupaten Sumbawa bahwa beliau tidak sempat hadir ( yang sedianya akan hadir ) karena ada kesibukan pada hari yang sama yang tidak dapat diwakilkan.

 

” Pada hari ini saya juga membawa pesan amanat dari Bapak Gubernur NTB yaitu Bapak Zulkiflimansyah yang tidak dapat hadir di tengah-tengah kita saat ini di karnakan adanya kesibukan pada hari ini sehingga beliau tidak dapat hadir di tengah-tengah kita saat ini.” Ungkapnya.

 

Ketua PHDI kabupaten Sumbawa, Kapten infantri (purn) I Nyoman Mandi dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kegiatan ini dan juga berterima kasih kepada Guruk Wenten atas kepedulian dan perhatian beliau untuk pemangku yg ada di pulau sumbawa, beliau siap mendistribusikan busana dan stimulan ini ke seluruh kabupaten tanpa ongkos kirim karena ini amanat dari Guruk Wenten seloroh mandi yang disambut meriah oleh para hadirin, acara ini disambut dengan antusias dan hangat oleh pemangku maupun masyarakat sumbawa.

 

” Tentunya saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya sangat berterimakasih kepada Guru Wenten atas kepeduliannya terhadap pemangku yang ada di pulau Sumbawa, dengan adanya amat ini saya siap untuk mendistribusikan amat ini langsung kepada kepada pemangku yang ada di pulau Sumbawa, Dompu, Bima Dan Kabupaten Sumbawa Barat.” Ujar I Nyoman Mandi.

 

Pada kesempatan yang sama Ibu Wakil Bupati Sumbawa ibu Hj. Dewi Novianti mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Sumbawa memberikan ruang kepada umat hindu Sumbawa untuk melakukan ibadah sesuai keyakinan nya, bu novi berharap toleransi beragama di Sumbawa akan selalu terjaga dan semoga Rsi Yadnya yang lain akan ingat dengan Sumbawa.

 

“Kami selaku pemerintah tentunya akan mendukung dan memberikan ruang untuk umat Hindu yang ada di Sumbawa untuk melakukan ibadah sesuai dengan keyakinannya, dan saya berharap toleransi beragama di Sumbawa akan terus terjaga sehingga kita semua akan terus hidup dengan damai, Semoga Rsi Yadnya yang lainnya akan tetap ingat dengan Sumbawa.” Ungkap Hj. Novi.

sementara itu komisi 1 DPRD Kota MATARAM Ir. I Nengah Sugiartha atau yang kerap di sapa dengan ichal yang terlihat selalu ada di setiap acara keagamaan saat diminta tanggapannya mengatakan ” Saya memang selalu ikut dalam acara Dharma Yatra , Rsi Yadnya atau acara lain jika dinfokan, mantan Ketua PERADAH NTB ini mengharapkan akan ada insan insan hindu yang akan melaksanakan Yadnya lain karna disinilah tempat kita berbagi tentunya dengan menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing.” Ujar Ichal

 

Ditempat yang sama juga terlihat Ketua Umum IOSKi NTB ibu Hj. Sri Yulianti yang hadir pada acara tersebut saat diminta tanggapannya mengatakan “saya sangatlah kagum dengan kegiatan ini dan tidak menyangka akan ramai seperti ini, semoga acara-acara simekerame seperti ini selalu ada, baik sesama hindu ataupun dengan umat lain sehingga akan terjalin hubungan yang mesra dan saya juga berharap agar semua komponen umat selalu bersinergi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini.” Tutup Hj. Sri.

Leave a Reply