Danrem 162/WB : Jajaran TNI Siap Dukung Pengamanan IATC, WSBK dan MotoGP

Mataram – Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, Jajaran TNI siap mendukung pengamanan penyelenggaraan event internasional Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) tahun 2021 maupun MotoGP Tahun 2022 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Hal itu dikatakan dalam wawancaranya dengan awak media usai Rapat Koordinasi Final Check Meeting dalam rangka kesiapan pengamanan menghadapi Event Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) yang berlangsung di Prime Park Hotel & Convention Lombok Jalan Udayana kota Mataram, Selasa (9/11/2021).

Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menjelaskan, TNI (AD, AL, AU) bersama jajaran Polda NTB maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya telah menyiapkan rencana kontijensi menghadapi bencana maupun non bencana.

“Kami TNI sudah melaksanakan latihan-latihan baik secara parsial maupun gabungan dengan instansi terkait sesuai tahapan tahapan yang ditentukan oleh panitia maupun SOP masing-masing,” ungkapnya.

Jenderal Bintang Satu itu juga menegaskan bahwa pengamanan tidak hanya di lokasi Sirkuit saja, namun harus dilaksanakan juga di lokasi lain terutama setiap pintu masuk di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) baik pulau Lombok maupun Sumbawa.

“Pengamanan wilayah tidak hanya di lokasi saja, di lokasi aman tapi entah di Sumbawa dan lain sebagainya ada kejadian nanti suasana jadi tidak bagus laporannya. Jadi tetap pintu pintu masuk, jangan hanya di lokasi saja tapi di luar juga harus dilaksanakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda NTB menyampaikan, setelah melakukan berbagai persiapan pengamanan hingga final chek meeting hari ini, seluruh stakeholder maupun instansi secara umum sudah siap mengawal NTB menjadi tuan rumah pagelaran IATC dan Superbike maupun MotoGP tahun 2022.

“Bahkan tadi ITDC sudah menyampaikan kesiapannya, MGPA juga sudah, Diandra juga sebagai Open Organizer dan kami TNI-POLRI melakukan juga penguatan penguatan kembali. Insya Allah IATC dan Superbike maupun MotoGP tahun 2022 aman, damai, lancar dan terkendali,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda NTB Lalu Gita Ariyadi menambahkan, persiapan menghadapi event internasional ini sudah disiapkan sedemikian rupa, bahkan koordinasi lintas wilayah dan lainnya pun sudah dilakukan. Selanjutnya diharapkan kepada masyarakat agar menyambut event ini dan para tamu dengan riang gembira serta hospitality yang tinggi sebagai promosi maupun untuk memberikan kesan yang baik untuk NTB.

Selain itu, awak media juga diharapkan untuk menyajikan berita-berita positif dan mempromosikan segala potensi ekonomi yang ada seperti UMKM serta sentra industri lainnya sehingga gemerincing rupiah terjadi sedemikian kencang selama penyelenggaraan IATC, WSBK maupun MotoGP.

“Dalam tiga hari atau seminggu ini ketika tamu mulai berdatangan berikan kesan kesan yang positif, berita berita yang positif, promosikan potensi potensi ekonomi yang kami miliki sehingga semua tamu merasa at home sedemikian rupa,” pintanya.

Leave a Reply