Wisata Sejarah Di Istana Bala Kuning, Sumbawa

Nusa Tenggara Barat tidak hanya memiliki kekayaan alam saja lho Sob, tetapi juga kaya akan sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Istana Bala Kuning yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat tinggi. Istana Bala Kuning merupakan salah satu cagar budaya yang berhubungan langsung dengan Kesultanan Sumbawa.

Istana Bala Kuning dibangun sebagai tempat tinggal dari Sultan Muhammad Kaharuddin III beserta keluarganya. Proses pembangunan istana ini memakan waktu satu tahun, mulai tahun 1941 hingga 1942.

Selain sebagai tempat tinggal Sultan beserta keluarganya, Istana Bala Kuning juga menjadi tempat penyimpanan pusaka-pusaka Kesultanan Sumbawa. Benda-benda pusaka ini berupa “Parewa Kamutar” (Lambang Kebesaran Kesultanan), “Parewa Tokal Adat Ode” (piranti upacara kesultanan), pakaian kebesaran dan singgasana, aneka keris, tombak, dan senjata pusaka lainnya. Ada juga berbagai jenis keramik kuno, piranti makan, foto-foto sejarah dan masih banyak lagi. Semua benda-benda pusaka tersebut terbuat dari emas dan perak lho.

Leave a Reply