Jaga Ekowisata Laut, Kodim Loteng Bersama Warga Gelar Aksi Bersih Pantai Selong Belanak

Lombok Tengah-Agar tidak terjadi kerusakan ekowisata laut yang disebabkan oleh limbah sampah plastik, baik dari rumah tangga atau wisatawan dan perlunya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai, Kodim 1620/Lombok Tengah bersama warga pesisir pantai menggelar
Karya Bakti TNI kodim 1620/Loteng TA.2020 dengan Tema” Wujudkan Nyata pengabdian untuk Rakyat.

Karya bakti ini diwujudkan dengan aksi bersih-bersih Pantai Selong Belanak Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah, Jumat tanggal 22 Oktober 2020.

Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Anak Agung Rai Budiana yang memimpin kegiatan, mengatakan melalui karya bakti TNI pihaknya cukup berterima kasih kepada para Danramil, Kades Selong Belanak, Warga pesisir pantai dan seluruh anggota yang ikut turun langsung di lokasi kegiatan bersama masyarakat untuk menjaga kebersihan Pantai Selong Belanak.

“Kegiatan ini adalah wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga tetap terjaganya ekowisata laut yang Indah dan nyaman di kunjungi oleh wisatawan,” ucapnya.

Sementara Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, S.E, M.I.Pol mengatakan dengan semangat patriotisme prajurit sejati, Dandim menghimbau seluruh masyarakat agar terus manjaga kebersihan dan menata kembali Pantai Selong Belanak ini agar semakin di kenal banyak masyarakat luas dan dicintai oleh masyarkat Lombok Tengah khususnya dan NTB pada umumnya.

Selain itu lanjut Dandim, bahwa kegiatan ini juga mempunyai tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke pantai, karena bisa merusak lingkungan khususnya lingkungan biota laut.

“Disamping melaksanakan bersih pesisir, personel Kodim 1620/Loteng juga mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, social distancing, dan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang sesuatu, serta hindari menyentuh wajah agar tidak terjadi penyebaran kuman secara langsung,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Karya bakti ini, Danramil 1620-04/Praya Barat Kapten inf. I Made Genjong, Kades Selong Belanak. Lalu Yahya, anggota Sat Pol PP Kecamatan Praya Barat, Ketua PAM Pantai Selong Belanak L. Adenan, Personil Kodim 1620/loteng dan masyarakat Desa Selong Belanak.

Leave a Reply