Optimalisasi Pemberdayaan Wilayah, Kodim Loteng Gelar Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar

Lombok Tengah – Untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam optimalisasi pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 1620/Loteng menggelar kegiatan peningkatan kemampuan aparat komando kewilayahan tersebar dengan tema, “Melalui kegiatan peningkatan apkowil tersebar, kita tingkatkan profesionalisme dalam mengimplementasikan kegiatan binter dan tatanan kehidupan baru (New Normal)”, pada Triwulan lll, TA. 2020, berlangsung di Aula serba guna Kodim 1620/Loteng Jl. Gajah Mada nomor 101 Praya Kabupaten Lombok Tengab, Kamis tanggal 07 Oktober 2020.

Kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Tersebar Kodim 1620/Loteng Bidang Teritorial TW lll TA. 2020, secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Kodim 1620/Loteng Mayor Infanteri Dian Aksmiyandita. 

Dalam sambutannya Dandim 1620/Loteng yang dibacakan oleh Kasdim 1620/Loteng Mayor Dian Aksmiyandita menyampaikan bahwa seluruh anggota agar bisa mengikuti acara yang diselenggarakan saat ini yaitu acara peningkatan kemampuan aparat Komando Kewilayahan tersebar TA. 2020 di Kodim 1620/Loteng sesuai program anggaran dari Komando Atas. 

Program ini kata Dandim, adalah berkaitan langsung dengan keberadaan Aparat Kowil terutama bagi Babinsa yang langsung terjun ke lapangan dan berhadapan dengan segala macam bentuk dan karakter masyarakat di wilayah masing-masing. 

“Jangan hanya dijadikan slogan saja bahwa Babinsa adalah ujung tombak TNI AD tetapi tunjukkan bahwa kita Aparat Kowil Kodim 1620/Loteng selalu siap sedia dan tanggap terhadap situasi yang berkembang di wilayah atau di masyarakat,” jelasnya. 

Selain itu Dandim menekankan kepada Babinsa agar selalu mempelajari karakter penduduk di wilayah masing-masing, kenali tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti Toga, Tomas, Todat dan Toda untuk jadikan sebagai Mitra Karib, sehingga dalam pelaksanaan tugas sehari-hari tidak mengalami kendala atau kesulitan. 

“Laporkan setiap ada perkembangan situasi di wilayah masing-masing kepada Danramil dengan tembusan Dandim, seperti apapun hebatnya kalau kejadian di wilayahnya sendiri tidak tahu itu sama dengan tidak bekerja atau tidak pernah turun ke wilayah binaan masing-masing,” tegas Dandim. 

Dandim juga menekankan juga kepada seluruh Perwira baik Danramil maupun Perwira Staf agar selalu mengecek keberadaan anggotanya dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan demi menjaga nama baik Satuan. 

“Semoga apa yang kita laksanakan yang didasari oleh keihklasan, akan mendapatkan ridho dan bimbingan dari Allah SWT, dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Dan Semoga wilayah Kodim 1620/Loteng tetap dalam situasi yang Kondusif, aman dan terkendali,” pungkasnya. 

Adapun materi yang diberikan yaitu

Pasi Ter Kodim 1620/Loteng Kapten Inf A A Gede Rai Budiana materi lima kemampuan ter, Danramil 1620-01/Praya Kapten Inf Materi Sikap Ter Danramil 1620-09/Kapten Inf Saipul Materi Metode Binter.

Danramil 1620-04/Praya Barat Kapten Inf Made Genjong Materi Sinrendal Binter, Danramil 1620-08/Pratim Kapten Inf Lalu Mas’ud Materi Ketatalaksana Binter, Danramil 1620-05/Janapria Kapten Inf Suliono Materi Medsos dan hoax.

Perwira Sandi Dim 1620/Loteng Lettu Inf Darmawa Materi pengetahuan covid, Pasilogdim 1620/Loteng Kapten Cba Ruslan Materi Kesehatan Masyarakat, Pasi Pers dim 1620/Loteng Kapten Inf Made Suardana materi netralis TNI dan Danramil 1620-06/Jonggat Kapten Inf Martopo Materi Komunikasi masyarakat serta materi Kesehatan Masyarakat dan pengetahuan Covid – 19 oleh Dr. Habibburahman (dr Klinik PPK I Dim 1620/Loteng).

Kegiatan apkowil tersebar TW. III TA. 2020 Dim 1620/Loteng dilaksanakan selama 5 hari dengan peserta seluruh Babinsa jajaran Kodim 1620/Loteng serta mendapatkan kunjungan dari Tim Wasgiat Sterrem 162/Wira Bhakti.

Leave a Reply