Unram Farming Hadirkan Pertanian Terpadu Untuk Masyarakat

Tepat satu tahun silam, ide cemerlang dari seorang Wanita yang memiliki basic di bidang hukum. Tidak ada latar belakang ahli pertanian, namun ide cemerlangnya mampu mengembangkan dunia pertanian.

Ayu Werdiyani, ialah seorang Ibu yang memiliki dua anak ini merupakan mencetuskan UNRAM Farming yang berlokasi di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

“Tempat ini untuk edukasi pertanian UNRAM Farming yang berbasis rekreasi. ide ini muncul satu tahun yang lalu saat saya bertemu dengan wakil rektor 2 Universitas Mataram yang berkunjung ke lokasi ini. kami mengajak masyarakat yang mau belajar bersama dalam bertani dan kita siapkan tempatnya,” pungkas ayu usai Soft Opening Unram Farming (Sabtu 08/08).

Lahan seluas 4,5 hektare ia sulap menjadi tempat edukasi pertanian sekaligus tempat bersantai bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana pedesaan yang tertata rapi. Area persawahan yang luas yang di padukan dengan berbagai jenis tanaman buah & sayur organik, baik media tanam tanah, hidroponik serta aquaponik.

Tidak hanya tanaman yang bisa dinikmati di lokasi ini ada juga area rekreasi keluarga, kolam pemancingan, serta tempat bersantai dengan nuansa asri menggunakan berugak untuk pengunjung sembari menikmati paparan sawah dan hijaunya tanaman sayuran.

Sangat cocok lokasi ini sebagai pilihan rekreasi keluarga sambil bermain dan belajar tentang pertanian, jenis tanaman unggulan yang sudah berhasil dikembangkan antara lain beras hitam dan beras merah. Berdasarkan penelitian beras ini sangat rendah karbohidrat cocok untuk konsumsi penyandang Diabetes.

“padi merah dan padi hitam merupakan unggulan produk UNRAM Farming yang berhasil dikembangkan, saat ini kita coba menanam bawang putih Sembalun kita aplikasikan di area ini dengan ketinggian 140 mdpl, sudah mulai tumbuh nanti kita lihat hasilnya,” ungkap Ibu Ayu.

Dengan adanya Unram Farming ini, dapat menjadi sinergitas dengan petani maupun masyarakat untuk membudidayakan sayuran organik di lahan masing – masing dengan metode yang modern saat ini dan kami siap berikan pengetahuan seluasnya bagi masyarakata umum , harap seorang ibu dua anak ini.(pl03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *