Pengobatan Gratis, KT Jati Swara Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Kedokteran Unram

Minggu 9 Februari 2020, Karang Taruna Jati Swara Desa Bangket parak sukses melaksanakan pengobatan gratis tahap pertama di wilayah Desa Bangkat Parak bagian selatan. Karang Taruna Jati Swara memilih zona selatan sebagai loaksi tahap pertama karena akses dari zona tersebut cukup jauh dari lokasi berobat.

Kepala Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial (KKS) Karang Taruna Jati Swara Siman Jayadi menyampaikan alasan pihaknya memilih untuk menyasar zona selatan sebagai lokasi tahap pertama karena lokasi yang jauh dan juga akses yang sulit “kami memilih zona selatan sebagai lokasi tahap pertama mengingat warga kami yang di bagian selatan aksesnya cukup jauh dari lokasi berobat serta aksesnya juga buruk” Ungkap Siman.

Berikut beberapa dusun atau wilayah yang wasuk kedalam zona tersebut meliputi Dusun Pasung, Tarung-Arung, Gunung Panak, Sangi, Pasung, Sengkudul, dan Ranggekalu.

Untuk memudahkan akses masyarakat panitia membagi titik lokasi kegiatan menjadi dua titik yaitu SMP Rinjani yang berlokasi di Dusun Tarung-Arung dan SDN Pasung yang berlokasi di Dusun Pasung Desa Bangkat Parak. “Untuk lokasi pertama yaitu SMP Rinjani yang setrategis di jangkau oleh 3 Dusun yakni Dusun Sangi, Gunung Panak dan Tarung-Arung sendiri, Sementara untuk lokasi kedua yakni SDN Pasung sasarannya untuk Dusun Ranggekalu, Celuakal, Sengkudul, dan Pasung” Tambah Siman yang juga pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten tersebut.

Sekretaris Umum Karang Taruna Jati Swara Badil Anjani mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan Bidang KKS yang pertama semenjak terbentuknya Karang Taruna Desa yaitu beberapa minggu yang lalu, “Ini merupakan program kerja yang pertama bagi Bidang KKS, sementara kemarin sukses dilaksanakan kegiatannya Bidang LH yaitu Penghijaun, jadi kami pengurus harian fokus mengoptimalkan bidang-bidang ini untuk aktif dan memiliki kegiatan masing-masing secara mandiri, namun tentu kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat kami” tegas Badil.

Selain untuk mengoptimalkan semua bidang Badil Anjani juga mendorong rekan-rekanya untuk menjalin kerjasama terhadap pemerintah atau Instansi-instansi serta lembaga yang memiliki visi yang sama “Kami juga berupaya untuk mencari potensi di luar Desa sampai ke Lembaga pendidikan, Pemerintah, lebih-lebih Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Yayasan-yayasan dan juga yang paling terpenting bergotong royong dengan Karang Taruna – Karang Taruna Desa di luar melalui Karang Taruna Kecamatan Pujut” Ucap pemuda bertubuh kekar itu.

Dalam kegiatan tersebut Karang Taruna Jati Swara bekerja sama dengan Team Ski Asy Syifa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang di hadiri langsung oleh tiga dokter sekaligus yaitu Dokter Umum dan Dokter Spesialis beserta Mahasiswa Kedokteran Fakultas Unram. Rombongan tersebut di pandu langsung oleh Dokter Akhada Maulana (Dokter RSUP NTB) dan Dokter Yuda Pratama, Spesialis Kulit dan Kelamin.

Selain itu kegiatan tersebut juga mendapatkan support dari Yayasan Endris Foundation Cabang Lombok Tengah
dan Ada Farma “Dalam kesempatan ini saya sampaikan terimakasih kepada seluruh team atau teman-teman yang datang jauh-jauh ke Desa kami ini, terutama kepada para dokter-dokter, mahasiswa dan juga para donatur, Pemdes, dan tentu saja yang paling penting adalah masyarakat” tutup Badil.

Kepala Desa Bangkat Parak, Genah-Genuh mengapresiasi penuh kegiatan Karang Taruna Jati Swara karena secara langsung kegiatan tersebut dinilainya menyentuh langsung dengan masyarakat “Ini baru gebrakan, Terimakasih adik-adiku Karang Taruna sudah membuat gebrakan walaupun umur kalian baru beberapa Minggu, InsyaAllah ini pertanda kebangkitan bagi pemuda Bangkat Parak” Ungkap Genah dengan wajah penuh ceria.

“Jadi adik-adiku kalian melaksanakan apa yang saya sampaikan dari awal untuk jangan hanya eksis di seputaran Desa saja namun juga di luar Desa, menjalin komunikasi dan komitmen terhadap pemerhati sosial di luar dan kalian laksanakan itu, maka saya sekali lagi sangat berterimakasih kepada kalian dan juga tentu kepada para darmawan yang telah datang ke Desa kita untuk membantu kegiatan ini” Tambah Kepala Desa termuda di Kecamatan Pujut tersebut.

Walaupun dengan cuaca yang mendung tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk datang kelokaasi kegiatan tersebut. Di jumpai di lokasi salah satu tokoh masyarakat yaitu Rustamaji menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan tersebut “Pergerakan Karang Taruna tahun ini memang luar biasa dan saya salut dengan hal itu, tentu juga kami ucapkan terimakasih banyak kepada Karang Taruna Jati Swara atas perhatiannya terhadap masyarakat kami” Ucap Rustamaji.

Terpisah Kepala Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial (KKS) Kecamatan Pujut Nurlina juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Karang Taruna Jati Swara tersebut dan ia juga berharap kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan dan berharap juga Desa-desa yang lain untuk termotivasi “Ia, kami Karang Taruna Kecamatan Pujut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna Jati Swara yang gerakannya tentu kami nilai cukup masif dalam memberikan dedikasinya terhadap masyarakat, semoga ini konsisten dilaksanakan dan tetap kompak buat Karang Taruna Jati Swara” Tutup wanita cantik ini.

Leave a Reply